Game

GAME

Apa pengertian dari istilah game ?

Pada zaman sekarang tentu sudah tidak asing lagi bagi kita bila mendengar istilah game, tapi apa pengertian dari istilah game itu sendiri? Game merupakan sebuah sarana hiburan ataupun pendidikan yang menggunakan perangkat elektronik atau sebuah bentuk dari multimedia interaktif yang digunakan untuk sarana hiburan. Game sendiri  dimainkan dengan menggunakan sebuah alat yang bisa digenggam oleh tangan dan tersambung ke sebuah kotak alat atau console.

Sejarah perkembangan game

Perkembangan teknologi sangat berpengaruh terhadap perkembangan video game, dimana saat ini perkembangan video game telah masuk ke generasi ketujuh. Perkembangan video game ini mempunyai revolusi yang sangat cepat, berikut merupakan klasifikasi dari generasi perkembangan video game :

Generasi I

Generasi ke I diluncurkan pada tahun 1972–1976. Console generasi pertama ini adalah asal mulanya video games, dari hasil searching di wiki dan google didapatlah nama Magnavox Odyssey. Ini adalah console pertama yang diciptakan tahun 70an oleh atari inc. Game yang terkenal saat itu adalah ‘PONG’.

Generasi II

Generasi ke II diluncurkan pada tahun 1977–1984. Generasi ini masih merupakan terbitan dari atari inc. Console games di generasi kedua ini yang terkenal adalah atari 2600 atau VCS (Video Computer System). Beberapa console yang ada di masa ini antara lain : Intellivision, ColecoVision.

Generasi III

Generasi ke III diciptakan pada tahun 1985–1989.Generasi ketiga merupakan generasi dari famicom (family computer) atau lebih dikenal dengan sebutan NES (Nintendo Entertainment System). Game yang paling dikenal pada generasi iniadalah Super Mario Bros yang bersaing dengan Sonic the Hedgehog dari console Sega’s Master System.

Generasi IV
Generasi ke-IV diluncurkan pada tahun 1990–1995. Pada generasi keempat ini terjadi persaingan antara SNES (Super Nintendo Entertaintment System) dari nintendo dan Sega Mega Drive dari sega. Kedua nama ini yg paling sering mencuat dipersaingan belantara console games. Console lainnya yang berada di generasi ini adalah NEC’s TurboGrafx-16 dan SNK Playmore’s Neo Geo.

Generasi V
Generasi ke-V diciptakan pada  tahun1995–2000. Pada saat generasi ke-V diluncurkan, dunia game semakin marak karena video games bermunculan. yang paling terkenal mungkin playstation, tapi selain itu ada beberapa yang mungkin kita kenal juga, seperti Atari jaguar, 3do, Sega saturn, Nintendo 64. generasi ini sudah menggunakan CD (compact disc) sebagai media game.

Generasi VI
Generasi diluncurkan pada tahun 2001, dimana generasi keenam ini memiliki 3 console terkenal yaitu Sega Dreamcast, Playstation 2, dan Nintendo Game Cube. generasi ini sudah menggunakan dvd, kecuali dreamcast yang menggunakan gd-rom.
Generasi VII

Generasi ke-VII diluncurkan tahun 2005. Generasi ketujuh adalah generasi saat ini, tentu saja consolenya adalah PS3, Xbox dan Wii. game-nya sudah menggunakan blue-ray disc untuk PS3 dan masih dvd untuk xbox dan wii.  Untuk saat ini Playstation 3 masih menjadi pusat perkembangan cosole game, memiliki performa PowerPC-base Core Processor 3.2GHz. didukung dengan media Blue Ray yang berkali lipat kapasitasnya dibandingkan dengan dvd. Ditambah lagi kemampuan komunikasi Bluetooth dan juga Wi-fi yang memungkinkan Gamer dapat memainkannya secara online.

Namun teknologi akan tetap berkembang dan berevolusi seiring dengan berjalannya komunikasi dan informasi.

Klasifikasi Game

Game memiliki berbagai macam jenis, berikut merupakan beberapa jenis game :

1.Massively Multiplayer Online Role Playing Game (MMORPG)

Game MMORPG sistemnya menarik, karena mempunyai sistem profesi dan bermacam-macam kemampuan khusus (skill). Setiap pemain bisa membuat karakter atau avatar-nya, memodifikasi jenis kelamin, tampilan gaya dan warna rambut, menghasilkan banyak kombinasi ditambah dengan aksesoris yang bisa dibeli di ‘toko’ dalam permainan hingga menjadikan tiap pemain menjadi suatu pribadi yang unik. Biasanya, game  ini beruba game yang berhubungan dengan pertempuran. Dunia, game pertempuran yang populer adalah World of Warcraft , Guild Wars dari Amerika, Final Fantasy dari Jepang dan Lineage dari Korea. Di Indonesia, game yang popular dari jenis ini adalah Ragnarok Online, Seal Online, Ran Online, Audition, Risk Your Life (RYL), Tantra, Gunbound, Getamped dan masih banyak lagi.

2.Real Time Strategy (RTS)

Game RTS adalah sebuah kategori dari computer game yang menggabungkan real-time strategy (RTS) dengan banyak pemain secara bersamaan di internet. Setting dari game ini tidak saja hanya bernuansa kerajaan pada zaman abad pertengahan dan masa kini, tetapi banyak pula yang ber-setting futuristik dan bernuansa science fiction (sci-fi). Game yang popular dari jenis ini adalah WarCraft (1994), Command and Conqueror (1995), Total Annihilation (1997), StarCraft (1998), SimCity (1999), dan lain-lain.

3.first person shooter (FPS)

game first person shooter (FPS) adalah menampilkan kita sebagai pemegang senjata dan siap untuk digunakan untuk menembak lawan. Setting gambar di dalam game ini dibuat semirip mungkin dan bisa dilokalisasi menurut tempat setting pertempuran yang diinginkan. Di Indonesia, contoh yang terkenal dari jenis ini adalah Counter Strike (CS).

4.Massively Multiplayer Online First Person Shooter (MMOFPS)

Game Massively Multiplayer Online First Person Shooter (MMOFPS) mirip seperti kategori FPS, tapi membutuhkan lebih banyak player bermain bersamaan di internet dan bisa digunakan untuk menghubungkan daerah-daerah atau area-area guna menciptakan ‘dunia’ yang lebih besar dimana ribuan player secara bersama-sama bisa berinteraksi. Karena disebabkan masalah teknis dan infrastruktur internet serta sangat banyaknya jumlah pemain yang bermain pada saat bersamaan di internet, menyebabkan sedikit sekali MMOFPS yang baru dibuat. Contoh game dari MMOFPS ini adalah World War II Online (2001) dan PlanetSide (2003).

Makna game On-line

Internet game atau online game adalah game yang dimainkan secara online melalui internet atau game yang menggunakan internet network sehingga game ini dapat diakses oleh siapa saja dan dimana saja. Internet game atau yang lebih kita kenal dengan game online berbeda dari video game dan PC game karena keduanya menggunakan platform yang berdiri sendiri atau independen, mengandalkan hanya pada teknologi sisi client (client-side technology atau istilah teknisnya disebut plugin), dimana banyak proses yang dilakukan dari sisi komputer player, bukannya dari server.  Yang dibutuhkan untuk memainkan internet game adalah sebuah web browser dengan plugin tertentu. Plugin adalah program komputer yang menambah fungsi dari program utama agar game bisa lebih banyak fitur-fiturnya. Game yang dimainkan di dalam browser, sering juga disebut browser-based game. Beberapa macam plugin yang digunakan dalam online game misalnya adalah Java Virtual Machine, Shockwave, Flash, JavaScript dan sebagainya.

Contoh beberapa macam game online seperti:

  • Ragnarok Online
  • RF online
  • Perfect World
  • Ayo dance
  • Yugioh! online
  • Ayo dance!
  • Rohan Online
  • dan masih banyak lagi.

Bila dilihat dari sisi positif Game Online ini dapat mempererat jiwa persaudaraan dan menjadi salah satu tempat untuk bertukar informasi atau pun belajar, tapi bermain game online harus tetap ingat waktu dan rajin belajar.

Sumber :

http://gamascience.blogspot.com/2009/11/rangkaian-generasi-perkembangan-game.html

http://www.animemaxs.com/pengertian-game-online

http://www.cengkareng.info/hobi-dan-komunitas/42/88.html

http://one.indoskripsi.com/judul-skripsi-makalah-tentang/perkembangan-teknologi-game-beserta-dampaknya-terhadap-generasi-muda

Tinggalkan komentar